Tips Sukses Motret Candid

Agustus 15, 2015


Tips sukses motret candid - Buat sebagian orang, memotret secara candid itu sesuatu yang menyenangkan, termasuk diriku. Hehehe... Foto candid menjadikan foto terlihat hidup dengan ekspresi yang natural. Hmm fungsi utama foto candid memang untuk menangkap moment. Menurut para pakar, foto candid merupakan teknik fotografi dengan pengambilan gambar pada objek hidup tanpa disadari si objek.

Foto bocah di atas aslinya iseng banget. Sama sekali nggak kepikiran mau motret ni anak. Nggak kepikiran juga konsep fotonya karena waktu motret aku cuma aspret alias asal jepret. Foto candid aku ambil menggunakan handphone.

Ceritanya waktu itu, pagi-pagi banget aku harus ke Jogja karena ada kerjaan yang harus diselesaikan hari itu juga. Aku akhirnya memutuskan naik kereta Prameks paling pagi yakni jam 06.10. Seperti biasa Pramek pagi hanya berisi beberapa gelintir penumpang di tiap gerbongnya.

Nah, kebetulan persis di depan aku duduk balita yang aktif bergerak. Pegang ini itu, pokoknya dia pengen tahu semua benda-benda di sekelilingnya. Dan nggak tahu kenapa, tumben-tumbenan aku nggak ngantuk. Biasanya kalau udah dapet tempat duduk yang nyaman, mata bawaannya pengen merem. Mungkin karena tergelitik ngelihat tingkah polah si bocah kali ya.

Walaupun aspret, aslinya aku motret berkali-kali. Banyak jeleknya sih. Hehehe.... Nggak mudah buat dapetin ekspresi yang nampol. Nah, dari sekian foto yang aku ambil, foto di atas yang pas dihati. Ekspresinya dapet! Yeah, walaupun kualitas gambarnya kurang bagus sih. Tapi, aku suka banget sama ekspresinya si bocah.

Nah, biar motret candid-nya hasilnya oke, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya;

Pilih kamera yang portable dan nyaman digunakan

Pemilihan kamera buat aku merupakan faktor penting sukses enggaknya foto-foto candid. Paling enak sih pakai kamera handphone. Mau jungkir balik juga bisa. Kalau obyeknya deket kita bisa pura-pura mainin hape pas motret si obyek. Nggak bakal ketahuan! Hehehe

Memotret menggunakan handphone memang lebih praktis ketimbang menggunakan SLR. Tapi... karena beda kualitas tentu hasilnya juga beda. Seperti foto di atas. Walaupun beberapa handphone sekarang sudah dilengkapi dengan lensa yang oke. Kendala lain soal kecepatan tembak. Beda sama SLR yang bisa diatur kecepatan tembaknya (shutter speed), kamera handphone belum bisa. Untuk memotret sesuatu yang bergerak butuh ketepatan saat menembak biar hasilnya nggak nge-blur.

Temukan moment

Sama seperti blogging, dalam fotografi konten is the king. Moment ataupun ekspresi yang ada dalam foto itu yang memiliki nilai. Nggak peduli kamu amatir atau profesional, juga kamera apa yang kamu gunakan. Kata Om Arbain Rambey nggak ada juga yang tanya kamu pakai mode auto atau manual saat motret. So, jangan lupa memasukkan "cerita" dalam fotomu agar foto terasa hidup.

Potret sebanyak mungkin

Jangan ragu untuk mengambil gambar sebanyak mungkin. Kamu akan terkejut dengan apa yang bakal kamu temukan. Dari pengalamanku sering kali aku menemukan foto-foto yang lucu dan menggelitik dari foto-foto candid yang aku ambil. Oya, kalau kebetulan kamu motret menggunakan kamera SLR, atur kamera ke continuous shoot atau burst mode. Sekali jepret kamu bisa dapet beberapa foto. 

Kamu punya pengalaman motret candid juga? Share dong dimari ^_^



 




You Might Also Like

12 Komentar

  1. Dede lutcuuu...

    Iya, kalau pakai hp sering blur ya, Mba
    Anakku ke buru lari kalau mau di foto

    BalasHapus
  2. Potret sebanyak mungin, nati tinggal dihapus yang jelek ya mba

    BalasHapus
  3. Wow blog baru ya Mbak Ika. Keren banget idenya :)

    BalasHapus
  4. Lama gak mampir nih mbak ika...��

    Keren candidnya mbak...aku dlu sering foto candid org dengan berpura pura lg nelfon..cma krn hp skrg layar nya sentuh jd agak susahh...
    heehe

    BalasHapus
  5. Aku termasuk orang yang benci candid mbak. Soalnya... hasilnya jelek mulu. Mungkin emang karena faktor wujud visual aku yang kurang cakep sih yah. hahaha XD

    BalasHapus
  6. Blog khusus photografi ya Jeng Ika. ikutan nyimak ah soal candid.

    BalasHapus
  7. iya momennya pas banget ya, anaknya kayak lagi memandang jauh dari balik jendela :)

    BalasHapus
  8. sering moto candid anak-anak dan memang perlu berkali-kali biar dpt yang pas...

    BalasHapus
  9. masih belajar motret terus nih, walau pakenya kamera hp hihihi

    BalasHapus
  10. Udah py kmera tetep aj aq nyamannya foto pke hp. Hehe

    BalasHapus
  11. Hahahaha, ini jenis foto yg biasanya aku minta suami yg ambilin tiap traveling ;p.. kenapa? krn aku takut ketahuan ama yg jd objek foto kalo aku sdg ambil gambarnya mbak :D

    BalasHapus