Shakshouka

Juni 13, 2016

Shakshouka (Middle Eastern Egg Dish) - Ramadhan Kareem... Nggak terasa sudah masuk minggu kedua ya. Sampai minggu ini, Alhamdulillah keluarga sehat, bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Mudah-mudahan lancar sampai akhir Ramadhan. Aaamiin..

Berbeda dengan menu berbuka yang lebih meriah, untuk menu sahur aku selalu pilih yang gampang. Bangun jam dua pagi buat nguprek dapur itu butuh semangat lebih. Suka aras-arasen alias ogah-ogahan. Salah satu menu yang gampang dibuat yakni Shakshouka. Modelnya sih kayak telur dibumbui tapi ini pakainya bumbu rempah-rempah.

Telur berbumbu a la timur tengah ini mudah ditemukan di beberapa negara diantaranya, Tunisia, Maroko, Aljazair dan Mesir. Biasa disajikan panas-panas berdampingan dengan roti. Tapi karena budaya makan kita pakai nasi, yuk mari disantap dengan nasi.

Membuat Shakshouka itu gampang, tinggal cemplang cemplungin bahan. Cuman beberapa bahan susah dicarinya. Contohnya, paprika bubuk, kare bubuk sama jinten bubuk. Untuk paprika bubuk terpaksa aku skip soalnya udah muter cari nggak ada yang jual. Kare bubuk terpaksa aku ganti bumbu kare instan. Trus, jinten bubuk aku pilih blender butiran jinten daripada beli yang bubuk. Jarang pakai jinten, sayang harus beli satu botol. Aku juga lebih milih blenderan tomat untuk sausnya ketimbang beli saus botolan. Lebih irit.

Oya, Shakshouka a la aku ini aku tambahin gula pasir. Pas tes rasa kok rasanya kurang nendang buat lidahku, jadi aku tambahin gula pasir biar lebih mantap. Di resep aslinya sih nggak pakai.

Bahan-bahan :

4 buah telur ayam
1 buah bawang bombay
4 siung bawang putih
4 buah tomat merah (blender halus)
1/2 sdt jinten bubuk
1/4 sdt kari bubuk (aku pakai bumbu kare in**food)
1 sdt paprika bubuk (aku skip)
1 sdt cabe bubuk
1/2 sdt lada putih bubuk
1/4 sdt lada hitam tumbuk kasar
1/4 sdt kaldu ayam bubuk
1 sdm minyak zaitun (aku pakai minyak goreng)
1/4 sdt garam
Gula pasir secukupnya (resep asli nggak pakai, boleh di slip)
1/4 sdt oregano kering

Cara membuat :

Cincang halus bawang putih, dan cincang bawang bombay. Kemudian belender tomat merah dengan sedikit air. Kalau pengen praktis pakai pasta tomat botolan.
Panaskan minyak pada wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Tambahkan tomat yang sudah diblender, aduk dan masak hingga mulai mengental.
Masukan jinten bubuk, kari bubuk, dan paprika bubuk pada saus lalu aduk rata. Tambahkan cabe bubuk, lada putih, dan lada hitam, lalu aduk-aduk. Masukkan garam, kaldu ayam bubuk dan gula pasir. Kecilkan api, masak hingga saus benar-benar mengental.
Buat 4 buah lubang pada permukaan saus yang sudah mengental, kemudian masukan telur satu persatu pada tiap lubang di permukaan saus tersebut.
Taburi atasnya dengan oregano kering, tutup wajan dan masak selama 10-12 menit atau sampai semua telur matang. Shakshouka siap dihidangkan.

You Might Also Like

10 Komentar

  1. Waw sepertinya sedap mbak buat dicoba nih resepnya.

    BalasHapus
  2. Enaknya..mudah sih.
    Kapan-kapan kucoba... Bookmark.

    BalasHapus
  3. ahhhh maaak...
    kadung nge klik, jadi akuu mauuu!!
    kirimin buat buka yaa, ngileeer!!
    nyobain bikin ahh nanti..

    BalasHapus
  4. bahan telur yang mudah didapat dan kayaknya juga mudah dibuatnya

    BalasHapus
  5. Mak.. lapar, Mak. Lapaaar.

    BalasHapus
  6. aku masi bingung nyari oregano adanya di mana hihi

    BalasHapus
  7. Mba tone gelap gini lagi musim ya buat food blogger, istilahnya apa ya mba?

    BalasHapus
  8. bumbunya banyak tapi cara masaknya praktis ya...di coba akh ntar

    BalasHapus
  9. mau coba aah..kayaknya enak banget dan ngg terlalu susah buatnya ya mbak :)

    BalasHapus