Tips Berbelanja Asyik di Chatuchak Weekend Market

Mei 28, 2016


Tips Berbelanja Asyik di Chatuchak Weekend Market - Wisata belanjaku di Thailand kali ini tergolong paling asyik dibanding saat berbelanja di Hongkong ataupun Malaysia beberapa waktu lalu. Kebetulan aku dapet teman sekamar yang punya hobi belanja yang sama. Pun anggaran belanja yang sama. Hahaha..

Waktu ke Hongkong tahun lalu aku sempet gondok saat mendengar cerita teman sekamarku kalau belanjaannya habis 50juta! Sementara aku hanya bisa menghabiskan uang saku dengan berbelanja di Ladies Market, dia keluar masuk butik branded. Aku cuma berani lihat label harganya, lalu buru-buru melipir menunggu di luar sambil asyik liatin jalanan Hongkong yang selalu sibuk. 

Beda lagi pengalaman waktu wisata ke Malaysia beberapa bulan lalu. Teman sekamarku habis 14juta cuma buat beli tas doang. Sementara aku cuman bisa belanja di Bukit Bintang yang letaknya nggak jauh dari hotel. 
Beli makanan halal di Chatuchak Weekend Market
Beda kasta beda pula belanjaannya. Rakyat jelata sepertiku sangat menikmati berbelanja di pasar lokal. Ndusel-ndusel diantara berjubelnya penjual dan pembeli. Puas kalau mendapat barang yang diinginkan setelah melewati alotnya tawar menawar dengan penjual. Hehehe...

Nah, buat yang punya hobi belanja sepertiku, Chatuchak Market menjadi tempat belanja yang wajib dikunjungi saat liburan ke Bangkok. Tempat ini hanya buka di akhir pekan saja. Ada sekitar 11 macam jenis dagangan yang dijajakan disini. Buat yang ingin menyempatkan berbelanja di Chatuchak, perhatikan beberapa hal berikut supaya bisa berbelanja dengan nyaman.

1. Kenakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat.

Bangkok itu panasnya minta ampun. Konon katanya kadang suhunya bisa mencapai 40 derajat celcius. Wow, bisa dibayangkan gimana panasnya. Waktu aku ke Bangkok suhunya sekitar 38 derajat celcius. Itu aja udah kerasa panasnya, cyiin. Gimana yang 40an derajat celcius. Sekedar tambahan info lagi, konon katanya Chatuchak ini didatangi pengunjung sekitar 200Ribuan per harinya. Panas, berjejalan.. arghh. Makanya kalau kesana pakailah pakaian yang nyaman dengan bahan yang menyerap keringat. Supaya nggak bete karena kegerahan.

2. Sebaiknya gunakan alas kaki flat.

Chatuchak itu luaaaas banget dengan gang-gang sempit. Jadi, pastikan menggunakan alas kaki yang nyaman kalau mau keliling Chatuchak. Aku sarankan pakai alas kaki yang model flat biar nggak cepet capek. Sayang kan kalau gagal ngiderin Chatuchak gara-gara kaki pegel.

3. Datanglah sepagi mungkin.

Ada nasehat orang bijak yang mengatakan, bangunlah sepagi mungkin biar dapat banyak rejeki. Nah, ini juga berlaku buat kamu yang pengen dapat harga miring saat berbelanja di Chatuchak. Konon katanya buat para pedagang di pasar ini, pembeli pertama adalah orang yang mendatangkan rejeki buat mereka. Orang Jawa bilang "pelaris". Kamu bisa menawar hingga 40% dari harga awal. Lagi pula, jalan-jalan di Chatuchak di siang bolong alamat bakalan kering sampai rumah. Usahakan datang kira-kira jam 10.00 waktu setempat.

peta Chatuchak Weekend Market

4. Kenali dan tandai tiap bagian gang yang kamu masuki.

Chatuchak Market memiliki lebih dari 8000 kios yang terbagi di 27 area. Nah, kebayang kan gimana capeknya kalau harus muter-muter cari meeting point atau jalan awal yang kita lalui. Biar nggak kesulitan mencari, coba tandai belokan atau gang yang kita masuki. Berikut adalah panduan untuk bagian-bagian yang ada di Chatuchak:
  • Makanan dan Minuman : Section 2, 3, 4, 23, 24, 26 dan 27
  •  Busana dan Aksesoris : Section 2-6 dan 10-26
  •  Busana dan Barang Second : Section 2, 3, 4, 5, 6, 22, 25 dan 26
  •  Buku : Section 1 dan 27
  • Home Decor dan Furnitur : Section 1, 3, 4, 7 dan 8
  • Galeri dan Benda-Benda Seni : Section 7
  • Barang Kerajinan (Handicrafts) : Section 8-11
  • Barang Antik : Section 1 dan 26
  • Barang Keramik : Section 11, 13, 15, 17, 19 dan 25
  • Tanaman dan Perlengkapan Berkebun : Section 3 dan 4
  • Binatang Peliharaan dan Perlengkapannya : Section 8, 9, 11 dan 13

5. Bawa air minum 

Untuk menghindari dehidrasi selama berbelanja, bawalah minuman sebanyak mungkin. Kalaupun malas karena berat, beli minuman aja disana. Prinsipnya jangan sampai gagal fokus gara-gara kurang minum AQUA, eh kurang minum. Bisa-bisa berabe kalau sampai salah tawar gara-gara nggak konsen. 

Ngomongin kualitas barang di Chatuchak, buatku pribadi lumayan bagus. Lumayanlah buat oleh-oleh. Baju, kaos bergambar khas Thailand, gantungan kunci, tempelan kulkas, tas, dompet, camilan kering, alas kaki, mainan anak-anak bisa dibilang sesuai sama harganya. Barang murah ya jangan berharap untuk dapat yang bagus banget. Tapi untuk pernak pernik dan perkakas rumah macem properti buat foto, Chatuchak surganya. Walaupun nggak semurah outletnya DAISO yang ada di KL, tapi dibandingkan dengan OL shop, ya masih lebih miring.
***
 Chatuchak Weekend Market
 587/10 Kamphaeng Phet 2 Rd, Chatuchak, Bangkok 10900, Thailand

You Might Also Like

5 Komentar

  1. Aku juga suka amazing sendiri kalau jalan dengan teman-teman yang uang sakunya tak terbatas Mbak Ika. Kalau sudah begitu lebih suka ma l ke tempat lain. Mereka belanja aku eksplorasi mencari bahan untuk tulisan di blog :)

    BalasHapus
  2. Waaah Mbaak...jadi pengin ke Thailand nih baca ini. Kepengin sejak jaman kapan 10 tahunan lalu gak kesampian kesampaian juga ke Thailand. Hihi..

    BalasHapus
  3. Wah, Mbak Ika borong properti dong! Mau ke Chatuchak... tapi lebih mau lagi itu... belanja 50 juta kayak ngeluarin duit 50 ribu hahaha kayak teman sekamarmu :P

    BalasHapus
  4. hahaha, jd inget pas hampir pingsan gara2 belanja di sini ;p.. puanaassssnya ga nahan mbak. pulang dari sana aku lgs radang tenggorokan parah. tapi skr aku ngerti, kalo mw nyaman belanja di bangkok, apalagi di chatuchak, dtglah pas dec-feb :D.. krn suhu udara di bangkok lg sejuk2nya ;).. biasanya kalo udh kepanasan gitu, aku jd ga napsu lg belanja ;p..

    BalasHapus
  5. saya sekarang sedang di BKK. memang cuacanya (katanya) lebih sejuk daripada sekitaran Agustus. cuman masalahnya saya ga suka belanja, jadi 3 kali ke Chatuchak ya hanya beneran jalan2 doang, hahaha

    BalasHapus