Food Photography, Dari Foto Biasa Jadi Luar Biasa

April 25, 2015


Judul: Food Photography, Dari Foto Biasa Jadi Luar Biasa 
Penulis: Nicole S. Yoong 
Penerbit: Kelompok Gramedia, Jakarta
ISBN: 9786020252537 
Tebal: 284 Halaman
Harga: IDR 160.000
***

Akhirnya buku ini ada terjemahannya juga. Seneng banget akhirnya bisa kebeli. Yeah.. walaupun harganya bikin kantong bolong, tapi puas akhirnya bisa baca buku ini. Tahun lalu, buku yang ditulis Nicole S. Young ini dan buku "Plate to Pixel: Digital Food Photography & Styling" yang ditulis Helene Dujardin lagi happening. Banyak banget yang ngulas. Sayangnya mesti beli di Amazon. Dan, aku harus sabar menungu versi Indonesia nya dong. Nggak punya kartu kredit ataupun akun paypall buat bayar ke Amazon. Mana kebayang ongkirnya yang ampun bakalan mahal.

Eniwe... balik lagi ngomoin isi buku ini, buat aku yang pemula dibidang food photography buku ini manfaat banget. Di bab awal buku ini mengulas segala hal teknis yang berkaitan dengan dasar-dasar fotografi yang akan memudahkan pengguna kamera SLR pemula seperti aku untuk memahami dasar-dasar fotografi digital. Selain tentang segitiga exposure (aperture, shutter speed dan ISO) yang suka bikin pening pala berbi, Nicole juga membahas tentang apa itu White Balance dan jenis-jenis file untuk menyimpan foto.

Bab kedua pembahasan mengenai peralatan fotografi yang dibutuhkan seorang food photographer. Mulai dari pilihan kamera yang digunakan, lensa dan focal length, serta peralatan yang berkaitan dengan pencahayaan seperti reflektor dan lampu. Di bab ini, selain lebih paham fungsi masing-masing alat yang dipaparkan, aku juga bisa memilah dan memilih peralatan mana saja yang harus dibeli dan mana yang bisa ditangguhkan nanti, atau bahkan nggak masuk daftar list alat yang harus dibeli. 

Persoalan lighting yang sering membingungkan buat fotografer pemula seperti aku juga dibahas tuntas di buku ini. Selain menyajikan hasil akhirnya, dibagian bawah diberi gambar behind the scene (BTS) alias bagaimana foto dibuat, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami kerumitan pencahayaan. Nicole juga sedikit membahas bagaimana styling dan komposisi foto hingga foto bisa terlihat yummy dan mouth watering.   

Nah, dibagian akhir buku, Nicole membeberkan post produksi foto alias bagaimana cara memproses foto dengan bantuan Adobe Photoshop. Pembahasan dipaparkan step by step sehingga memudahkan buat kamu yang awam dengan Photoshop. 

Menurutku, buku ini wajib dimiliki siapa saja yang mulai menggemari food photography. Pembahasannya gamblang, step by step nya mudah diikuti, dan yang pasti setiap bab selalu ada bedah foto yang membuat pembaca semakin paham seperti apa dan bagaimana foto dibuat. Kalau menurutku sih, harga IDR 160.000 sebanding dengan isi buku. Pokoknya nggak rugi beli buku yang satu ini.  


You Might Also Like

18 Komentar

  1. Yuhuuuuyy, asyiiik bisa pinjam neh Biar rodok mundak pinter nyekrek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan2 main ke rumah yo mbak. Tak pinjemi wes :)

      Hapus
  2. Bagus yaa...aku suka amazing liat foto-foto makanan orang itu memukau yang liat bawaannya jadi laper aja...hehehe

    BalasHapus
  3. teknik-teknik foto nya keliatan agak ribet.
    tapi sih sepertinya keren ini bukunya..

    BalasHapus
  4. foto pengambilan Mbak keren dan manis...

    #mikirin beli kamera dulu ^-^..
    salam kenal, Mbak.

    BalasHapus
  5. Aku uda beli Mbaaaak, waktu di Jogja.. :D Dan ngerasa pantes banget hasil fotonya kece, wong pakek kamera harga 18 juta! Bruakakakak.. Eh tapi ngga itu aja deng, cara Nicole ngasih taunya jugak enak. Enggak menggurui.. Hihihi :P

    BalasHapus
  6. aku suka foto-fotomu mbak...apik apik hihi...
    salam kenal :)

    BalasHapus
  7. Aku meh pinjem ya Mbak... :D

    BalasHapus
  8. aku mau pinjem ajaaa.... :DDD

    BalasHapus
  9. whaaa... baru tahu ternyata food photography serumit itu. biasanya saya cuma asal jepret doang hasil olahan di dapur yang tidak seberapa mana..
    thanks for sharing mbak :)

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. Bener mbak... aku setuju sama pendapat sampean... foto-fotonya kereeen bin keceee

      Hapus
  11. jd pgn baca jg... meskipun pesimis sih bisa mraktekin hihihi...
    blog yg satu lg, knp mba?

    BalasHapus
  12. Mau juga ah baca2 teknik foto gitu. Yg postingan Coffee and Chef di blog wp ku itu pake mode manual mba, tapi tekniknya kira2 semua hihihii... ga paham segitiga exposure :)

    BalasHapus
  13. Jadi pengin beli bukunya, mba. :3 Tapi mahal yak. huhu *hitung receh sisa lebaran*

    BalasHapus
  14. ini sama g ya dengan versi gratis yg pernah fenny download? covernya sama

    BalasHapus
  15. Cocok buat yg awam bgt sama photoshop? Saya banget nih mbak.

    BalasHapus