#52wfpp: Bright

Agustus 22, 2015

#52wfpp: Bright - Aloha... akhirnya mulai juga proyek #52weeksfoodphotographyprojects-nya. Untuk tema perdana aku pilih #bright. Kenapa pilih tema itu? Soalnya relatif gampang dibanding tema yang lain. Yang jelas karena aku masih punya setok foto lawas yang masuk kategori bright. Curang, ya. Lalu dipentung para pemirsa. Hehehe...

Alas & properti berwarna putih. doc. pribadi
Sesuai namanya, motretnya pasti memerlukan cahaya yang berlimpah. Tapi bukan berarti motretnya dibawah sinar matahari langsung ya. Panas, cyiiin. Tetep di tempat yang teduh tapi memiliki cahaya yang melimpah, misalnya di teras rumah.

Foto-foto dengan cahaya yang melimpah ini biasanya jadi favorit fotografer saat dapet job memotret sebuah produk. Si HERO akan kelihatan stand out. Fotografer profesional lebih sering memotret di studio dengan cahaya yang bersumber dari softbox yang harganya lumayan mihil daripada natural light. Kalau fotografer abal-abal macam diriku sih pilih pakai natural light yang berasal dari sinar matahari aja yang grateesss. 
Photo setup
Kenapa fotografer profesional lebih memilih menggunakan softbox? Soalnya cahayanya relatif stabil ketimbang menggunakan cahaya matahari. Cahaya yang berasal dari matahari tidak stabil karena terkadang terhalang awan. Kalau buat fotografer abal-abal macem kita sih nggak masalah karena nggak dikejar deadline. Hari ini fotonya nggak bagus bisa diulang besok atau lusa. Kalau nggak mood bisa minggu depan. Trus kapan motretnya kalau alasan mulu? Hehehe..

Lalu, apakah foto #bright harus menggunakan properti, alas juga background berwarna putih?

Nggak, mesti sih. Alas berwarna putih sebetulnya juga berfungsi untuk memantulkan cahaya yang jatuh ke alas. Sementara, kenapa menggunakan properti berwarna putih, tak lain agar terlihat bersih.

Trus apalagi yang harus diperhatikan?

Ok, #bright memang memerlukan cahaya yang melimpah. Tapi itu bukan alasan untuk menggunakan ISO tinggi karena semakin tinggi ISO yang kamu gunakan, resikonya noise-nya semakin kelihatan. ISO terbaik dikisaran angka 100-800 tergantung kebutuhan.

Perbedaan pemilihan shutter speed
Shutter speed (exposure time) yang digunakan biasanya dibawah 1/125 sec. Lihat perbedaan gambar diatas. Sebelah kiri gambar menggunakan kecepatan 1/80 sec, sementara gambar sebelah kanan menggunakan kecepatan 1/60 sec. Semakin rendah speed yang dipilih akan berpengaruh ke cahaya yang masuk ke kamera.

Dengan speed serendah itu, tentunya butuh yang namanya tripod untuk menyangga kamera biar nggak goyang. Kalau nggak punya tripod pakai kursi trus kameranya diganjel beberapa buku. Pokoknya dipasin sesuai kebutuhan. Nggak seenak menggunakan tripod sih, tapi lumayan lah daripada harus beli tripod.

Buat yang nggak punya SLR alias pakai ponsel masih bisa kok foto yang terang-terang kek gini. Handphone sekarang kan canggih-canggih, bisa disetel juga tuh ISO dan exposure-nya. Mana kualitas lensanya juga oke. Cuman sayangnya aku belum pernah coba. Jadi nggak punya dokumentasinya. Kapan-kapan kalau udah nyoba aku share dimari.

Buat temen-temen yang pengen belajar food photography bareng aku dan pengen aku sambangi blognya, jangan lupa cantumkan link kalian di kolom komentar ya biar aku bisa kunjung balik.

Happy weeken, kawan!

You Might Also Like

20 Komentar

  1. wuih... senangnya hr ini dpt ilmu baru dr mba ika :)

    BalasHapus
  2. Aku juga suka foto di teras rumah mak..

    Aku mau belajar, gimana caranya?

    BalasHapus
  3. Klo pske kamera saku gak isa bright gini....gimana resrpnys ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbakyu... kalau kamera saku daku harus belajar darimu

      Hapus
  4. Thank for sharing, mbak. Ilmunya berguna buat saya yang sedang belajat fotografi makanan. :)

    BalasHapus
  5. Mau diajarin motret sm Mak Ika.
    Tapi gak punya DSLR camera. >.<
    Punyanya kamera digital biasa & smartphone.
    Bisa gak Mak, hasilnya bagus juga..

    BalasHapus
  6. Makin cakep aja Mbak jepretanmu :)

    BalasHapus
  7. paling suka kalo moto depan jendela yang tirainya putih,sedep aja lihat hasilnya hehe

    BalasHapus
  8. Ajarin aku si mbak bisa bikin foto keren gini gmn

    BalasHapus
  9. mbakyuuu... itu yg background putih (bounce) itu pake apa to? Karton atau benda apakah yg gampang didapat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak karton tapi dari plastik mbak. Itu namanya reflektor abal-abal. Beli di Gramedia ada. Harganya 30ribuan

      Hapus
  10. yeay dapet ilmu baru, makasih mba ika :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ish.. jadi malu aku mbak. Dirimu kan lebih jago dari aku

      Hapus
  11. Harus mantengin terus nih, biar dapet banyak ilmu dari mbak Ika, suka forografi juga sih, tapi ya gitu deh, belom punya ilmunya :)

    BalasHapus
  12. Asek asek..
    Bakalan sering2 maen kesini buat belajar fotografi. Follow blog ah..

    BalasHapus
  13. Hmmmm Memotret makanan adalah hal yang paling susah kalau menurut saya sih. Dulu saat masih punya Kodak Z812 IS enak banged moto MIKRO atau MAKRO nya. Sekarang moto makanan di rumah cuma make kamera yang ada di Android saja Hihiheiheiheie. Sepertinya saya harus banyak belajar nih di sini ihiehiheieee

    BalasHapus
  14. mba.. klo foto makanan di malam hari cuma pake cahaya lampu [neon] biar gak berbayang gimana sih ya? dan biar makanannya tampak cerah gitu..
    suwun tipsnya mba :)

    BalasHapus
  15. Sayang kameraku ngga mumpuni untuk bikin2 poto kaya gini hiks :(

    BalasHapus