Samsung Galaxy Note 5, Phablet Canggih Buat Yang Hobi Fotografi

Agustus 29, 2015

Samsung Galaxy Note 5, Phablet Canggih Buat Yang Hobi Fotografi - Buatku ponsel itu lebih dari sekedar alat komunikasi yang juga bisa dipakai buat kerja dan eksis di sosmed. Ponsel juga harus bisa jadi teman yang menyenangkan saat jenuh, bisa buat ngeblog dan yang terpenting juga bisa buat nyalurin hobi fotografiku.

Aku kadang suka males bawa-bawa kamera DLSR saat hunting foto. Selain beratnya minta ampun, harus dibawa pakai tas segede gaban pula. Nggak portable banget, kan. Apalagi kalau pengen motret human interest. Lebih enak motret menggunakan smartphone ataupun phablet ketimbang kamera SLR. Mau ceprat cepret sebanyak apapun juga lebih nyaman karena si obyek nggak bakalan sadar kalau sedang dipotret. Pura-pura sms-an padahal udah dapet puluhan foto. Hehehe...
Dari sejak muncul phablet, favorit aku merk Samsung. Banyak alasan kenapa aku pilih Samsung, tapi yang jelas karena kinerjanya. Nah, hari Kamis 13 Agustus 2015 lalu Samsung meluncurkan produk terbaru di New York. Nama event-nya Samsung Unpacked 2015. Aslinya pengen banget lihat langsung acara peluncuran perdananya, tapi sayang aku nggak dapet undangannya. Weleh.. emang siapa situ. Hahaha... 

So, karena aku emak kepo yang bakalan mati gaya kalau nggak ikutan kekinian, makanya aku putuskan lihat peluncurannya melalui video livestream. Biar tahu apa aja sih teknologi terbaru yang ditanamkan Samsung dalam Note 5. Pemaparan JK Shin, Presidents and CEO Samsung Electonics makin membuatku penasaran dengan Note 5.   


Ngomongin Samsung, pasti nggak akan lepas dari 3 hal; layar lebar, kinerja paten dan stylis. So, gimana dengan Samsung Galaxy Note 5? Fitur-fitur apa aja yang ada dalam Note 5?

Samsung Galaxy generasi terbaru ini hadir dengan layar sentuh berteknologi Quad HD Super Amoled display selebar 5.7 inci yang memiliki resolusi 2560 x 1440 pixel. Uniknya, meski memiliki bentangan layar yang lebar tapi tetap bisa dioperasikan dengan satu tangan. Disainnya mewah. Dengan ukiran lengkung (curved) ditiap sisinya, perpaduan logam dan kaca membuat tampilannya terlihat aduhai. Penampilan Note 5 pastinya akan membuat siapa pun bakalan cinta pada pandangan pertama.
S Pen (sumber)
S Pen-nya canggih!

Nggak hanya tampilannya yang oke, Note 5 juga dilengkapi dengan S Pen yang canggih. Selain lebih praktis, S Pen Note 5 juga dibekali kemampuan baru. Kalau mau pakai tinggal klik 1 kali dibagian atas stylus, S Pen akan keluar dengan sendirinya. Nggak perlu mencongkel agar keluar. Lebih hebatnya lagi, S Pen bisa digunakan saat kondisi layar tidak aktif (off screen). Nggak perlu unlock (membuka kunci ponsel), langsung tulis aja dilayarnya. Apa yang kamu tulis akan terhubung ke memo dan bisa disimpan (save). Wis.. keren banget, kan? 

RAM-nya istimewa!

Dengan RAM 4GB serta prosesor Exynos Octa core (2,1 GHz Quad + 1,5 GHz Quad) 64 bit fabrikasi 14 nm, membuat segalanya lebih cepat hingga memungkinkan untuk melakukan aktifitas multitasking. Dengan kapasitas RAM segede itu, kamu bisa membuka beragam aplikasi secara bersamaan tanpa takut ngelag. Kalau pakai Samsung Galaxy Note 5, nggak ada lagi yang namanya loading lama. Hehehe.. Mau ngedit dokumen menggunakan S Pen sambil dengerin musik, bisa! Belajar ngolah foto menggunakan aplikasi snapseed ataupun pixlr sambil lihat tutorialnya di Youtube? Bisa banget! Samsung Galaxy Note 5 pokoknya smart multitasking.

Sidesync (PC-Phone Connection)

Fitur SideSyn menghubungkan Note 5 dengan Laptop ataupun PC dan perangkat seluler dengan mudah. Fitur ini pastinya akan memanjakan penggunanya untuk bisa menikmati hidup yang lebih cerdas dan nyaman. Misalkan pas lagi ngerjain tugas ataupun ngedit foto menggunakan PC ada pesan masuk, nggak perlu pegang ponsel buat bales. Cukup lewat PC aja. Transfer data dan video dari keduanya juga lebih mudah tanpa membuat kinerjanya jadi lambat.

Broadcast your self!

Membuat Youtube streaming itu cukup merepotkan. Harus login dulu menggunakan akun Google, setelah dapet verifikasi baru bisa proses selanjutnya. Note 5 membuat segalanya jadi lebih mudah. Fitur Video Live Broadcash yang ada di dalam Note 5 memungkinkan penggunanya untuk berbagi video yang langsung terhubung dengan Youtube.
Output kameranya jernih (sumber)
Nggak cuma itu! Samsung Galaxy Note 5 juga memberikan plus-plus buat yang suka fotografi. Pengen tahu apa plus-plusnya?

Kameranya fantastis!

Samsung Galaxy Note 5 dibekali kamera belakang 16 megapixel OIS (F1.9) dan bagian depan 5 megapixel (F1.9).  Dalam kondisi outdoor maupun indoor bahkan dalam suasana temaram (low light), Note 5 mampu menghasilkan gambar yang tajam dan jelas. OIS (Optical Image Stabilization) dalam Note 5 memungkinkan digunakan untuk memotret beberapa foto dengan sangat mudah dengan hasil yang jernih. Autofocus-nya dapat menyesuaikan dengan cepat, mengurangi gambar kabur karena obyek yang bergerak ataupun karena tangan gemetar.  

Kamera Note 5 juga dilengkapi fitur Steady Video yang menyediakan Video Digital Image Syabilization serta Video Collage Mode yang tak hanya meghasilkan gambar video yang tajam, juga bisa diedit dengan mudah dalam beberapa frame dengan beberapa pilihan efek. 
Gambar tajam (sumber)
RAW support!

Format JPEG yang umum digunakan kadang memanipulasi gambar yang diambil. Itulah alasannya kenapa fotografer pro sering menyimpan hasil bidikannya dalam format RAW. RAW tidak hanya memberikan kualitas gambar yang lebih baik, tapi juga memudahkan saat proses editing. RAW memungkinkan perbaikan dan manipulasi artistik yang lebih baik ketimbang JPEG. Kabar baiknya, Samsung Galaxy Note 5 juga memungkinkan untuk menyimpan foto dalam format RAW. 

Atur Shutter speed & ISO sesukamu!
Nggak hanya mampu menyimpan file dalam bentuk RAW, kamera Note 5 juga memungkinkan untuk mengubah ISO sesuai kebutuhan dan Shutter speed dengan mode Pro. Note 5 memberikan pilihan ISO mulai dari 50 hingga 800. Sementara shutter speed-nya bisa diatur mulai 1/24000 hingga 10 sec. Satu hal lagi yang nggak kalah seru. Aperture-nya bisa di set hingga f/1.9. Keren! 

Long Life Battery 

Dengan segala kecanggihan dan keunggulan fitur yang ditawarkan, pertanyaannya gimana dengan daya tahan baterainya? Support nggak, ya?

Samsung Galaxy Note 5 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3.000mAh. Tercatat untuk pemakaian normal dengan daya baterai penuh (masa isi 2 jam), Note 5 bisa bertahan hingga 9 jam lebih! Fitur Wirelles Charging menjadikan Note 5 dapat mengisi penuh baterai dengan waktu sekitar 120 Menit. Jadi, nggak perlu khawatir baterai habis saat hunting foto. Nggak perlu cari colokan kabel juga karena ada fasilitas Wirelles Charging.

Hmm.. dengan semua kecanggihan yang ada dalam Samsung Galaxy Note 5, tak akan ada lagi moment yang terlewatkan karena kapan dan dimana pun aku tetap bisa mengabadikannya menggunakan Samsung Galaxy Note 5. Dan pastinya dengan kualitas gambar yang jernih.

Kamu penasaran dengan Samsung Galaxy Note 5 dan butuh info lebih? Kunjungi webnya di www.GalaxyLaunchPack.com. Jangan lupa subscribe untuk mendapatkan informasi paling update tentang Samsung Galaxy Note 5.

You Might Also Like

4 Komentar

  1. Waooo SPennya keren ya Mbak. Dalam kondisi offscreen bisa berfungsi. Harganya berapa ya kira-kira? Lebih mahal dari S6 gak?

    BalasHapus
  2. Selalu mupeng sama smartphone samsung neh

    BalasHapus
  3. Loh, Mbak Ika saya baru tahu blognya berubah jadi blogspot lagi..
    Saya masih suka banget sama Note4 dan belom ngerasa banyak lompatan ke note 5 ini Mbak Ika. Note 4 aja suka banget banget.. :D

    BalasHapus