Tungku

September 05, 2015

Tungku - Waktu aku kecil, saat liburan ke tempat Uwak di daerah Boyolali, ada satu kebiasaan unik yang aku lakukan setelah shalat Subuh. Orang Jawa bilang ndekem di depan tungku atau biasa disebut anglo. Berdiam diri didekat tungku untuk menghangatkan diri sambil melihat percikan api yang keluar dari kayu yang dibakar. Udara dingin Boyolali yang berada diantara kaki gunung Merapi dan Merbabu membuat malas beranjak dari peraduan. Kalau nggak ada kewajiban shalat Subuh, aku memilih bangun agak siang.

Selain memercikkan api, kayu yang dibakar mengeluarkan aroma yang khas. Orang Jawa bilangnya, mambu sangit. Hmm.. agak sulit menerjemahkan dalam bahasa Indonesia. Hehehe... Nah, kalau masak air pancinya tidak ditutup rapat, bisa dipastikan asap akan membuat air yang dimasak terpapar baunya. Orang Jawa bilang, wedange sangit.

Sulit menemukan orang memasak menggunakan tungku di perkotaan. Hanya pedagang mie Godhog Jawa saja yang terlihat masih memasak menggunakan tungku. Konon katanya rasa mie akan berubah jika dimasak diatas kompor. Itulah alasan mengapa pedagang mie Godhok masih memasak menggunakan tungku.

Memasak menggunakan tungku butuh dapur khusus. Selain karena asap yang dikeluarkan cukup banyak, kotorannya juga lebih banyak. Dapur yang masih menggunakan tungku biasanya berlantaikan tanah karena relatif lebih mudah membersihkannya. 
Sebelum diedit menggunakan Adobe Lightroom
Beberapa waktu lalu, aku dan keluarga berwisata di daerah Gunung Kidul. Ke Gunung Kidul tak lengkap rasanya kalau nggak beli Thiwul Yu Jum yang sangat terkenal. Konon katanya Thiwul dan Gathot yang dijual masih dimasak menggunakan tungku. Aku pun penasaran seperti apa prosesnya. Beralasan numpang ke kamar kecil padahal mau lihat gimana proses memasak si Thuwul. Pas sampai dapur tangan rasanya gatel kalau nggak ceprat cepret. Hehehe..

Dari beberapa cepretan, Alhamdulillah ada 1 foto yang menurutku sih lumayan bagus lha. Coba diutak-atik di LR kok hasilnya tambah kece. *efek nggak ada yang muji, muji diri sendiri aja :P Fotonya jadi kelihatan "hidup". Jadi semangat belajar utak atik foto di Adobe Lightroom. Kapan-kapan pengen share edit foto pakai LR, ah. Hmm.. kira-kira ada yang mau nggak ya.


You Might Also Like

9 Komentar

  1. Susah lho masak pake tungku, mau nyalain kayunya aja ga bisa2, hehe...fotonya bagus mak Ika. Makin kece aja hasil jepretannya. Mau donk dishare rahasianya

    BalasHapus
  2. wahaha.. dulu aku pernah jadi petugas konsumsi acara ekskul di desa-desa gitu mak. Dan ternyata bagianku kudu pake tungku. wah... padahal aku kan belom pernah masak pake tungku. Jadilah aku mati-matian berusaha nyalain tungku dengan cara ditiup abunya (aku gabawa korek sih). Pas akhirnya berhasil, rasanya bahagia banget deh heheheh XDDDD

    BalasHapus
  3. di rumah nenek saya masih ada tungkunya, masih dipake kalo buat sale pisang atau ikan mak... :D

    BalasHapus
  4. Kalau acara besar, masaknya di rmh pakek tungku jg mak...

    BalasHapus
  5. Jadi kangen sama rumah mbah jaman dulu deh Mbak Ika lihat ini..

    BalasHapus
  6. Nenek dan bude sy kalo masih pake tungku meski udah ada kompor gas juga. Kompor gas cuma dipake buat ngangetin masakan ato goreng telur aja, Kalo di sini disebutnya pawonan.

    BalasHapus
  7. iyo apik mbak...aku g bisa pake adope soale..
    disini jarang liat tungku :")

    BalasHapus
  8. jadi kangen tungku di dapur emak di kampung sana mbak :)

    BalasHapus
  9. Fotonya keren. Mhmm jadi kangen masa lalu di kampung

    BalasHapus