Cumi Kuah Hitam

November 16, 2015

Cumi Kuah Hitam - Hari senin harus semangat lah ya. Nggak ada kata i hate monday pastinya karena waktunya buat jemput rejeki. Oya, hari minggu kemarin aku coba bikin masakan yang nggak biasa berbahan cumi. Kalau biasanya cumi hanya digoreng crispy, kemarin aku coba masak pakai kuah hitam. Kuah hitamnya campuran dari Kepayang. Orang Jawa bilang Kluwak atau Kluwek. Jadi kuah hitamnya bukan hanya berasal dari tinta si Cumi, tapi juga berasal dari si Kepayang.

Masakan dengan campuran Kepayang banyak ditemukan di masakan-masakan Jawa. Kalau di Jawa Tengah dan Jogja, namanya Brongkos. Brongkos ini campuran kedelai, kulit melinjo dan tahu. Sementara di Jawa Timur nama masakannya Rawon.  Masakan ini jadi semacam trandmark masakan Jawa Timuran selain Pecel.


Sebenarnya aku paling males masak cumi-cumi. Amisnya itu lho yang nggak nguatin. Belum lagi cara masaknya harus tepat. Soalnya kalau nggak, hmm.. cumi-cumi jadi alot. Alhamdulillahnya.. dua hal tadi sekarang bukan masalah sodara. 

Untuk menghilangkan bau amis cumi-cumi, caranya gampang. Tinggal campur cumi dengan buah asam atau asem yang dilarutkan air. Tunggu beberapa saat, setelah itu cuci bersih dan tiriskan. Cumi yang sudah dibersihkan sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu sebelum dimasak. Caranya, masak cumi sebentar untuk menghilangkan air yang ada didalam cumi. Sementara untuk menghindari cumi supaya tidak alot, masak cumi dengan api kecil. Kalaupun menggunkan api yang besar jangan masak cumi terlalu lama. 

Bahan : 
500 gr cumi segar 5 butir bawang merah,iris 3 butir bawang putih,iris 2 lembar daun salam, 1 cn lengkuas, memarkan 2 lembar daun jeruk,buang tulangnya sobek-sobek 600 ml air, 1/2 sdm garam 3 sdm minyak untuk menumis 

Bumbu halus: 
5 butir bawang merah. 3 siung bawang putih 7 buag cabe merah besar 3 buah kemiri. 1 cm jahe 4 buah kluwek,seduh 

Cara menbuat : 
 Tumis bawang merah, bawang putih,bumbu halus, daun salam,lengkuas dan daun jeruk sampai harum Masukan cumi, aduk rata tambahkan air dan garam. masak sampai matang dan kuah mengental.

Selamat mencoba. Happy Monday, Kawan!

You Might Also Like

8 Komentar

  1. nyam bangetttt....aku baru tahu teknik masak cumi pas di Batam hehe,kalau masak cumi jangan lama2,sebentar aja,kalau lama nanti alot ^^

    BalasHapus
  2. Ngilerrr Mbak Ikaaaaa. Hahahaha.

    BalasHapus
  3. Mak. Itu masih ada tintanya mak cuminya? Katanya kan enak ya tintanya?

    BalasHapus
  4. Kenapa sy ngerasa lebih amis udang ya mbak dibanding cumi. Hehehe... Kalau abis ngebersihin udang, aroma udangnya masih berasa nempel di tangan walau udah dicuci sabun berkali2.
    Ini tinta cuminya ga dibuang ya, Mbak?

    BalasHapus
  5. oh ternyata lama itu yg bikin alot ya mak...pernah masak, tp gak enak..

    BalasHapus
  6. Keliatannya enak nih. Aku selalu gagal masak cumi soalnya, hiks. Kalo ngga bau amisnya ngga ilang2 ya ngga ngeblend sama bumbunya

    BalasHapus
  7. Cumi itam ini fav ku bangeettttt ^o^.. bisa abis 2 piringlah kalo udh mkn cumi item ini :D

    BalasHapus